Nama : Rivaldo Alsi Kristianto
Kelas : 2KA05
NPM : 16116514
TEORI dari 5 domain yang ada :
1. Service Strategy Pada Xiaomi
Pada awalnya, xiaomi mengalami kendala saat mengenalkan produk-produknya di Indonesia. Karna, pengguna smartphone di Indonesia menilai bahwa produk yang dibanderol dengan harga murah, kualitasnya mencurigakan atau bisa disebut blm tentu bagus kualitasnya.
Xiaomi didirikan dengan tujuan yaitu menjual produk yang terjangkau, bahkan hanya dengan harga modal saja. Tujuan lainnya adalah memberikan kemudahan bagi pengguna di berbagai negara di dunia.
Strategi yang digunakan xiaomi adalah desain yang baik, pengalaman pengguna yang lebih baik, kualitas yang lebih baik, tetapi dengan harganya yg hanya setengah(dibandingkan perangkat sekelasnya).
Xiaomi pun mengungkapkan bahwa perusahaannya tak mengambil untuk dari sisi hardware, melainkan layanan lainnya. Dengan begitu, produknya dapat dipasarkan dengan harga yang terjangkau
2. Service Design Pada Xiaomi
Xiaomi terus memperluas jaringannya dan meningkatkan jumlah toko ritel mereka. Pada 2018 ini akan ada lebih dari 30 Mi Store dan 90 Xiaomi Authorized Center baru yang akan dibangun merata di Indonesia.
Penambahan kehadiran toko ritel fisik ditujukan xiaomi untuk mempermudah konsumen membeli produk mereka, supaya produk mereka tidak hanya dapat dibeli online tetapi juga bisa dibeli secara offline.
Kehadiran Xiaomi Authorized Center juga turut menjadi bagian upaya xiaomi untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.
3. Service Transition Pada Xiaomi
Bila mendengar nama xiaomi, pasti yang ada dalam pikiran kita adalah smartphone dengan harga murah namun spesifikasi yang bagus. Ternyata, selain smartphone, xiaomi juga memproduksi gadget canggih lainnya seperti kamera mirrorless, powerbank, smartwatch, sampai smart TV.
Sesuai dengan visi dari perusahaan xiaomi adalah inovasi untuk semua orang dan menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Mereka menawarkan gadget-gadgetnya ini dengan harga yang bersaing dengan brand lainnya. Tujuan xiaomi pun selalu berkembang demi mencapai visi dan misi perusahaan serta sasaran juga sudah jelas dan sesuai dari target juga konsisten dengan stateginya.
4. Service Operation Pada Xiaomi
Jika melihat lebih jauh, selama ini xiaomi memang tidak pernah mengeluarkan dana pemasarannya yang sangat besar. Mereka lebih menekankan peranan komunitas dan media social, yang dianggap mampu menyebarkan informasi secara cepat.
Xiaomi juga tidak perlu promosi yang berlebihan karna pada dasarnya mereka sudah memiliki komunitas Mi yang sangat kuat di Indonesia. Ditambah dengan harga produk yang mereka jual sangat kompetitif. Dalam menjual produk nya yang sangat kompetitif dalam hal ini contohnya smartphone, xiaomi memilih menggunakan metode flash sale dengan menggandeng e-commerce lainnya.
Dan di lain hal, xiaomi justru memanjakan komunitas penggunanya. Salah satu cara memanjakkan komunitasnya adalah dengan mengizinkan penggunanya untuk root smartphone mereka tanpa harus khawatir garansi akan hilang. Berbeda dengan pesaingnya, apabila di root maka akan menghilangkan garansi smartphone tersebut.
Xiaomi juga rutin memberikan update kepada penggunannya. Dan apabila menemukan masalah, semua keluhan tersebut akan di pantau di forum MIUI yang diawasi langsung oleh pihak xiaomi
5. Continual Service Improvement Pada Xiaomi
Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Didirikan pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon cerdas terbesar ke-3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon cerdas, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen.
Xiaomi menjalin kerja sama strategis dengan Erajaya Group melalui anak usahanya, yaitu PT Erafone Artha Retailindo (Erafone) untuk mengoperasikan toko resmi miliknya dalam hal ini adalah Mi Store. Serta TAM sebagai garansi. Untuk memperluas layanan purnajual di Indonesia, xiaomi juga akan membangun 42 pusat layanan di 34 kota di Indonesia.
Sepanjang tahun 2018 ini, xiaomi menargetkan akan membuka 15 toko ritel di Indonesia. Melalui outlet resmi ini, para penggemar Xiaomi atau yang biasa disebut Mi Fans bisa memperoleh produk-produk berkualitas Xiaomi secara lengkap, mulai dari smartphone hingga berbagai produk ekosistem Xiaomi seperti Mi Band 2, Mi Power Bank, Mi Bluetooth Speaker dan sebagainya. Di sini pelanggan bisa langsung mencoba dan melihat keunggulan produk Xiaomi melalui live demo unit. Authorized Mi Store merupakan perwujudan dari komitmen Xiaomi terhadap pelanggan di Indonesia.
Daftar Pustaka
https://techno.okezone.com/read/2017/12/20/57/1833503/ceo-xiaomi-lei-jun-bocorkan-strategi-rakit-smartphone-murah
http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/lKYX8pxk-xiaomi-tambah-30-mi-store-di-indonesia-tahun-depan
https://www.jawapos.com/read/2017/12/21/176470/xiaomi-berencana-tambah-store-dan-pusat-layanan-di-indonesia
https://www.dictio.id/t/lei-jun-pendiri-dan-ceo-xiaomi/1172/3
https://jalantikus.com/gadgets/gadget-canggih-xiaomi/
http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/nN9Vl4Rb-untuk-indonesia-xiaomi-ogah-promosi-produk-pakai-artis?fb_comment_id=1084736991631043_1084820508289358#f28750ed7b26c54
https://today.line.me/id/pc/article/35f0b4f7d5106c12a58c0701addfb8368b3bae67e51512d183ae550f31868bac
https://id.wikipedia.org/wiki/Xiaomi
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20170920203735-185-243066/servis-tak-selesai-seminggu-xiaomi-akan-beri-perangkat-baru
http://www.liputan6.com/tekno/read/3077197/xiaomi-akan-buka-15-toko-retail-di-indonesia